Berbagi info, tips, strategi, ide dan pengalaman mengenai peluang usaha dan bisnis di tahun 2015. Semoga bermanfaat buat kita semua.

22 January 2015

Tips dan Trik Menggali Peluang Usaha / Bisnis

No comments :
Peluang usaha / bisnis selalu dicari oleh banyak orang, hanya untuk sedekar menjadi bisnis sampingan atau usaha sampingan; atau sebagai peluang untuk meningkatkan taraf hidup ke tingkat yang lebih tinggi. Di berbagai buku-buku wirausaha banyak ditekankan perbedaan mentalitas antara karyawan dan wirausahawan. Itu yang menyebabkan apa yang dilihat oleh orang yang berjiwa wirausaha dengan yang karyawan.
Sebenarnya jiwa atau mentalitas wirausaha itu dapat dilatih atau diasah. Pada artikel ini akan dibagikan usaha atau tip / trik untuk menggali, mencari atau mengintip sesuatu yang sering kita lihat di sekeliling kita dan dapat dijadikan peluang usaha atau peluang bisnis.

Tips dan Trik Menggali Peluang Usaha / Bisnis

Temukan “passion” Anda Sebagai Fondasi Usaha / Bisnis

Banyak para pakar kewirausahaan menyarankan agar peluang usaha yang Anda tekuni itu merupakan hobi atau kegemaran Anda. Ini saran yang sangat wajar. Ini berkaitan dengan “passion” atau gairah Anda pada saat menjalankan usaha atau bisnis. Setiap peluang bisnis yang ada itu, tidak pernah mudah untuk dijalankan. Tapi jika hal tersebut merupakan kegemaran dan Anda memiliki passion di bisnis tersebut, hal tersebut lebih mudah untuk dijalankan.

Peluang usaha / bisnis ada di sekitar Anda

Banyak peluang usaha yang berseliweran di sekitar Anda. Usahakan setiap bepergian ke mana pun, bawa sebuah pena dan secarik kertas. Hal ini berguna untuk mencatat ide usaha yang akan muncul pada saat Anda mengamati sekitar Anda.

Tukar pikiran dengan teman Anda tentang hal yang bakal menjadi usaha / bisnis Anda

Tukar pikiran atau brain storming ini dibutuhkan untuk memilah-milah hal-hal mana yang menjadi sisi positif dari ide usaha yang Anda pikirkan, sekalian mencari hal-hal yang negatif, yang merupakan tantangan dalam peluang bisnis Anda. Dengan memilah, Anda bisa mempersiapkan segala hal terbaik dan terburuk. Persiapkan diri untuk menghadapi resiko terburuk. Dunia wirausaha adalah dunia penuh resiko.

Rencanakan seluruh hal mengenai ide usaha Anda

Rencakana seluruh hal sampai ke details yang paling kecil. Tapi walaupun details terkecil, jangan persulit setiap hal dengan masalah teknis. Fokus ke bisnis. “Keep it simple and stupid”, adalah wejangan yang selalu diberikan oleh para pakar.

Bob Sadino: bisnis terbaik adalah bisnis yang dijalankan
Hal-hal di atas adalah yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan  ide usaha Anda sendiri. Banyak kok di sekitar peluang usaha yang bisa dijalankan baik paruh waktu atau full time, dengan hasil yang tidak sedikit. Di situs ini kita juga akan berbagi ide usaha atau peluang usaha yang sangat memungkinkan untuk dijalankan. Tapi yang terpenting setelah Anda menemukan ide usaha atau peluang usaha favorit Anda adalah menjalankan usaha / bisnis. Bob Sadino selalu mengatakan bahwa bisnis terbaik adalah bisnis yang dijalankan. Jadi jangan hanya berhenti di perencanaan, tapi jalankan peluang usaha Anda.

Rest in Peace Bob Sadino, inspirasi bagi banyak pengusaha Indonesia.

No comments :

Post a Comment