Berbagi info, tips, strategi, ide dan pengalaman mengenai peluang usaha dan bisnis di tahun 2015. Semoga bermanfaat buat kita semua.

25 January 2015

Bisnis Online: Peluang Usaha Nyata atau Mimpi Semata??

2 comments :
Bisnis Online: Peluang Usaha Nyata atau Mimpi Semata??
Bisnis online itu peluang usaha yang nyata atau mimpi semata?? Pertanyaan ini tidak sedikit saya terima. Tidak sedikit yang meragukan bisnis online yang digembar-gemborkan di internet.
Sebagai orang yang banyak bekerja di internet, saya akan berusaha memberikan beberapa gambaran tentang bisnis online, sehingga Anda sendiri yang dapat menarik kesimpulan apakah bisnis online ini merupakan suatu peluang usaha / peluang bisnis yang nyata atau bukan alias cuma mimpi semata.

Prinsip dasarnya adalah apapun yang ada di offline (dunia nyata) pasti ada di dunia maya alias internet. Jadi hampir semua yang ada di dunia nyata pasti ada padanannya di dunia online. Cuma bagi orang awam agak susah membedakannya sehingga seolah-olah untuk melakukan bisnis online itu rumit dan kompleks.
Contoh: di dunia nyata rumah ada tempat tinggal. Di dunia online, rumah bisa dianalogikan dengan website. Dengan analogi rumah sama dengan website, maka artitek itu adalah web designer. Sedangkan para kontraktor yang membuat rumah bisa dianalogikan menjadi web developer atau web programmer. Ini adalah satu contoh kecil.

Beberapa peluang usaha yang dapat dikerjakan sebagai bisnis online

Toko Online atau online shop

Paling gampang dimengerti dan gampang untuk dimulai adalah toko online. Anda memiliki barang yang hendak dijual, kemudian jual melalui media internet. Anda tidak harus memiliki website sendiri. Anda bisa memanfaatkan situs jual beli yang marak bermunculan di Indonesia seperti TokoBagus, Berniaga, Multiply, Rakuten, Blibli dsb. Namun untuk menjaga kredibilitas toko online Anda, sebaiknya Anda punya website sendiri yang dikelola secara profesional. Toko online adalah peluang bisnis online yang paling menjanjikan.

Freelancer atau pekerja lepasan online

Menjadi freelancer pada dasarnya sama seperti toko online, tapi yang Anda jual adalah skill atau kemampuan Anda. Jadi freelancer ini bakalan terbagi lagi dalam beberapa bagian, minimal sebagai web designer, web developer, penulis, penerjemah, praktisi SEO, ahli marketing online, jasa sosial media, guru, musisi, dokter dan banyak lagi jasa-jasa yang bisa ditawarkan di internet.

Bisnis online affiliasi

Affiliasi itu pada prinsipnya sama seperti broker atau agen di dunia nyata. Anda menjual produk atau jasa orang lain, kemudian Anda akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut. Bisnis online berupa affiliasi di internet mulai rumit karena Anda harus mempelajari beberapa trik agar Anda berhasil menjual suatu produk atau jasa tanpa terkesan jualan. Di sini juga Anda mulai membutuhkan website sebagai salah satu alat marketing. Pada peluang usaha online ini, mau tidak mau Anda harus mulai mempelajari mengenai dasar-dasar internet marketing, seperti SEO, iklan online atau sosial media.

Blogging dan iklan

Blogging sengaja saya gabung dengan iklan karena hal yang paling sederhana untuk menjelaskan bagaimana seorang blogger mendapatkan penghasilan atau income, ya dari iklan. Iklan di sini dapat berupa iklan PPC (Pay per Click), mungkin dari Adsense, Chitika, Sitti, dan lain-lain. Mungkin juga langsung dapat tawaran dari perusahaan-perusahaan yang ingin beriklan di blog Anda. Tidak tertutup juga Anda mendapatkan banyak uang dari blog Anda apabila dari blog, menjadi novel atau film dan otomatis Anda menjadi selebriti. Tapi hal ini persentase lebih kecil :)

Demikian beberapa prinsip dasar dari bisnis online. Tidak tertutup kemungkinan suatu peluang bisnis online merupakan perpaduan dari berbagai hal di atas, misalnya para pelaku bisnis online Amazon. Hal tersebut merupakan perpaduan dari sistem affiliasi (menjual barang dari Amazon) dan toko online. Contoh lainnya adalah dropshipper, yaitu perpaduan antara toko online dan freelancer, dalam hal ini online marketer.

Semoga keterangan di atas dapat memberikan wawasan tambahan mengenai peluang usaha bisnis online. Sesuaikan peluang usaha yang hendak dijalankan dengan minat dan kemampuan Anda. Satu yang harus diingat, bisnis online itu adalah bisnis. Tidak ada bisnis yang gampang atau instant. Bila ada bisnis online yang ditawarkan, gampang dan menghasilkan uang banyak dalam waktu singkat, berarti Anda sedangkan ditawarkan bisnis online kategori terakhir, yaitu kategori tipu-tipu online :D

“Tidak ada makan siang yang gratis”, pribahasa yang juga berhasil dalam bisnis online. Jadi waspada dan analisa lebih dalam sebelum memutuskan mengambil dan menjalankan suatu peluang usaha bisnis online.

2 comments :

  1. Nice pos gan...
    kalaw agan pilih yang mana diantara bisnis online d atas..?

    My blog : tips cepat dapat momongan

    ReplyDelete
  2. Klo saya masih fokus di freelancer. Tapi ketiga bisnis lainnya juga dijalanin, walaupun income nya baru cukup untuk jajan saja :D

    ReplyDelete