Berbagi info, tips, strategi, ide dan pengalaman mengenai peluang usaha dan bisnis di tahun 2015. Semoga bermanfaat buat kita semua.

26 January 2015

Peluang Usaha Dropshipping: Bisnis Tanpa Produk

No comments :
Peluang Usaha Dropshipping: Bisnis Tanpa Produk
Peluang usaha dropshipping merupakan salah satu bisnis online yang sangat booming akhir-akhir  ini. Wajar karena dropshipping menawarkan banyak keuntungan dan profit yang tidak sedikit.

Pada artikel sebelumnya mengenai toko online primadona usaha rumahan, telah diulas bahwa salah satu kesuksesan toko online dipengaruhi oleh produk. Di dunia offline atau online, mengurus produk, menjaga kualitas produk, memastikan kepastian atau jumlah stok barang tidak pernah mudah dilakukan. Faktor inilah yang melahirkan sistem dropshipping.

Jadi peluang usaha dropshipping itu adalah bagian dari bisnis online, khususnya toko online, di mana produksi barang, pemasaran dan distribusi barang dilakukan oleh pihak yang berbeda. Sistem pembagian keuntungannya ada sistem agen, komisi, atau sistem jual kembali (ngetopnya resell atau reseller).

Fenomena Peluang Usaha Dropshipping di Sosial Media dan e-Commerce

Saat ini jika Anda berselancar di Facebook atau memiliki Blackberry dengan BBM nya, Anda pasti bakal menemukan banyaknya toko online yang hampir 60% merupakan reseller dan dropshipping. Kemudahan memperoleh informasi untuk mencari produk yang mau dijual atau dibeli melahirkan fenomena tersebut. Banyak yang tertarik mencoba berjualan online dengan sistem dropshipping ini. Efek sampingnya, banyak produk yang berseliweran dengan harga yang sangat variatif. Calon pembeli juga bakal bingung harga yang sebenarnya berapa?? Yang punya produk siapa?? Penjual mana yang jujur dan mana yang penipu?? Penjual mana yang beneran punya produk dan mana yang reseller ??

Secara pribadi, saya sangat setuju dengan peluang usaha dropshipping dan reseller. Syaratnya adalah yang reseller harus profesional, memiliki jaringan penjualan yang profesional melalui websitenya, Facebook fans page atau twitter yang semuanya dikelola dengan baik dan profesional. Penjual tersebut juga harus punya komunikasi yang baik dengan pemilik produk. Reseller harus memastikan kesediaan produk sebelum gencar mempromosikan atau mengiklankan suatu produk. Jadi tantangan pertama Anda jika ingin menekuni usaha dropshipping adalah mencari suplier atau pemilik produk yang terpercaya.

Tips memilih supplier untuk menjalankan peluang usaha dropshipping

  1. Suplier adalah grosir atau wholesale. Ciri-ciri wholesale ini adalah biasanya para grosir lebih suka menjual dalam jumlah yang banyak dengan margin keuntungan yang kecil daripada jual eceran tapi margin keuntungan besar.
  2. Suplier memiliki sistem atau aturan main yang jelas mengenai pemesanan barang, proses pengecekan barang dan konfirmasi pembelian/penjualan.
  3. Suplier yang baik dan sangat cocok dengan peluang usaha dropshipping biasanya menanyakan nama toko online Anda, dan akan menuliskan nama toko online Anda pada saat membungkus/mengepak barang.
  4. Dalam berkomunikasi atau chatting, para suplier tidak akan senang berlama-lama chatting dengan Anda.
  5. Coba ketikan nama domain suplier Anda di Google, biasanya para suplier yang kompeten akan muncul di 2-3 baris pertama di iklan Google.
Tips di atas mutlak adalah pengalaman pribadi penulis BerbagiUsaha.com. Apabila Anda memiliki cara atau tips lainnya bisa di-share di bagian comment. Tapi apabila Anda berkeinginan menjalankan peluang usaha dropshipping dengan produk fashion, Anda bisa mencoba suplier dropship ini, yang cukup kompeten dan punya sistem yang cukup baik.

No comments :

Post a Comment