Berbagi info, tips, strategi, ide dan pengalaman mengenai peluang usaha dan bisnis di tahun 2015. Semoga bermanfaat buat kita semua.

26 February 2015

Peluang bisnis busana muslim

No comments :
Peluang bisnis busana muslim
Peluang bisnis busana muslim sangat menjanjikan, karena dapat dijalankan secara offline dan online. Oleh karena itu, menurut kami secara pribadi, alangkah disayangkan kalau bisnis busana muslim hanya dijalankan selama bulan Ramadhan. Logikanya, seandainya di bulan Ramadhan bisnis ini bisa berjalan, harusnya di bulan-bulan lainnya juga bisa berjalan. Mungkin ada tantangan karena permintaannya tidak sebesar di bulan Ramadhan, tapi banyak kemungkinan atau peluang lain yang bisa dibidik di bulan-bulan lainnya. Jika tidak ada pasar sebesar di bulan Ramadhan, saatnya untuk menciptakan pasar untuk bulan-bulan lainnya.
Pada artikel ini BerbagiUsaha.com akan mengulas mengenai peluang bisnis busana muslim ini berdasarkan interview kepada salah satu pelaku bisnis busana muslim. Beliau menjalankan bisnis busana muslim secara offline dan online. Secara offline, beliau memiliki toko busana muslim dan juga menerima pembelian di rumah.

Bisnis busana muslim online

Bisnis busana muslim secara online dapat dilakukan melalui :
  • Toko online
  • Sosial media seperti Facebook fans page atau twitter
  • Messenger seperti BBM (Blackberry Messenger), LINE, Whatsapp, Yahoo Messenger dll
Nara sumber yang kami wawancarai menjual baju muslim modern melalui toko onlinenya. Dari wawancara tersebut akhirnya ditemukan beberapa kendala yang menghambat perkembangan bisnis busana muslim beliau secara online.

Masalah dalam menjalankan peluang bisnis busana muslim secara online

  • Banyak calon pembeli yang bertanya-tanya mengenai produk atau baju muslim yang hendak dibeli, tapi tidak juga melakukan pembelian
  • Banyak calon pembeli yang belum percaya, sehingga lebih memilih membeli langsung ke toko busana muslim
  • Nara sumber selaku pelaku bisnis belum cukup puas dengan SEO (Search Engine Optimization) toko onlinenya.
Ketiga masalah di atas lah yang mengakibatkan bisnis busana muslim secara online masih menjadi bisnis sampingan bagi nara sumber kami. Bisnis utamanya masih bersifat offline.

Ketiga hal di atas merupakan masalah klasik bagi para pelaku bisnis online, bukan hanya di bisnis busana muslim ini. Adapun hal yang harus dipahami adalah sangat wajar calon pembeli cerewet, banyak tanya. Hal itu dipicu karena calon pembeli tidak bisa melihat langsung barang yang akan dibeli. Foto produk kurang dapat memuaskan keingintahuan calon pembeli. Anda sebagai pelaku bisnis online harus dapat mengatur waktu untuk memberikan jawaban. Dari 1-2 pertanyaan awal Anda harus dapat memastikan apakah calon pembeli ini hanya tanya-tanya, atau tanya dan bakal beli di kemudian hari.

Hal lain yang perlu dipahami adalah masalah kepercayaan (trust). Sangat wajar mengingat kondisi dunia e-commerce Indonesia yang masih marak dengan penipuan. Anda harus membangun kepercayaan para calon pembeli  dan pembeli. Pembeli yang puas merupakan alat marketing yang sangat efektif. Jadi usahakan sebisa mungkin untuk tidak mengecewakan pembeli Anda.

Hal ketiga, mengenai SEO, masih sering membuat bingung para pelaku bisnis online. Sebagai pelaku bisnis, saya tidak menganjurkan para pelaku bisnis untuk mengerjakan semua tugas SEO. SEO itu terbagi atas SEO on page dan SEO off page. Serahkan pekerjaan membuat website dan SEO kepada orang lain yang lebih kompeten. Outsource-kan pekerjaan tersebut. Fokus dalam membangun bisnisnya. Tapi bila Anda punya waktu atau skill di bidang SEO, kerjakan sendiri SEO Anda.

 Semoga dari hasil wawancara kami di atas, Anda dapat memiliki pandangan mengenai peluang bisnis busana muslim dan semoga dapat memberikan masukan atau bisa menjadi ide usaha Anda.

No comments :

Post a Comment