Berbagi info, tips, strategi, ide dan pengalaman mengenai peluang usaha dan bisnis di tahun 2015. Semoga bermanfaat buat kita semua.

26 January 2015

Toko online, primadona usaha rumahan

No comments :
Toko online, primadona usaha rumahan
Toko online alias jualan online atau istilah kerennya, e-commerce, mulai berjamuran di Indonesia. Tren ini diperkirakan akan booming di tahun 2015 ini. Para pakar bisnis dan ekonomi memperkirakan hal tersebut dengan mengamati dan memperhitungkan faktor pertumbuhan ekonomi dan juga faktor tingginya kemacetan di kota-kota besar di Indonesia.

Dalam artikel sebelumnya mengenai ide usaha rumahan atau rumah tangga, ada disebutkan mengenai toko online. Di artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai toko online. Toko online ini merupakan primadona atau sangat digandrungi oleh para pelaku bisnis rumahan atau ibu rumah tangga. Hampir semua produk atau barang sekarang bisa kita temukan di toko-toko online.

Keprimadonaan toko online juga dapat dilihat dari banyaknya berbagai seminar, training atau e-book yang mengajarkan bagaimana menjalankan usaha rumahan ini.Tak jarang seminar atau training ditawarkan dengan harga yang murah, tapi ada juga dengan harga yang mahal.

Komponen penting toko online sebagai usaha rumahan

Sama seperti usaha rumahan atau usaha pada umumnya, toko online juga harus memperhatikan masalah 4P.
4P di usaha konvensional adalah harga (price) , produk atau barang yang dijual (product), promosi (promotion) dan tempat (place).

Faktor harga di toko online

Walaupun toko online adalah usaha rumahan, tidak berarti pikiran Anda ada di rumah. Anda harus mencari berbagai informasi untuk mengetahui harga pasaran dan kira-kira harga yang Anda tetapkan di toko online mahal atau murah. Ingat, jangan terjebak prilaku menjatuhkan harga di bawah harga kompetitor. Tujuan menjalani usaha rumahan ini adalah mencari untung, bukan mencari buntung.

Faktor barang yang dijual di toko online

Pastikan barang yang Anda jual bukan barang murahan. Anda tidak harus menjual barang dengan kualitas super, jangan juga menjual barang cacat atau barang yang cepat rusak. Kualitas barang sangat berkaitan erat dengan harga. Jadi pastikan Anda memiliki barang yang kualitasnya sepadan dengan harga yang Anda tetapkan.

Faktor barang lainnya yang sangat penting adalah masalah stok. Ketersediaan barang tidak gampang untuk ditangani. Jadi hal ini berkaitan dengan suplier barang dan distribusi barang dari pabrik ke Anda. Tapi hal ini juga tergantung dengan tingkatan Anda. Jika Anda yang membuat barang sendiri, distribusi barang tidak menjadi masalah. Tapi yang menjadi masalah adalah ketersediaan bahan baku untuk membuat produk Anda. Different level, different problem.

Promosi di toko online

Ingat, tidak ada jaminan bahwa sepanjang tahun toko online atau usaha rumahan Anda ini akan ramai. Bagi yang belum tahu, saya infokan sedikit bahwa dalam 1 tahun itu, bisa dipastikan bahwa toko online Anda akan lancar mungkin hanya selama 9 bulan. Ada 3 bulan yang sangat mungkin toko atau usaha online Anda sepi dan merugi. Persiapkan promo-promo yang dapat menarik pelanggan sehingga bisa memperkecil kerugian atau bahkan tidak merugi di bulan-bulan sulit tersebut.

Pengganti tempat (place) bagi usaha rumahan Anda

Usaha rumahan toko online tidak memiliki faktor place karena menggunakan media internet. Untuk itu, di dunia online place menurut para pakar digantikan dengan distribution. Sedangkan menurut saya pribadi, place itu digantikan dengan SEO dan sosial media. Sama seperti prinsip place, di mana tempat yang ramai adalah tempat yang paling tepat untuk berjualan, maka toko online pun demikian.

Sebagai pelaku usaha rumahan atau pemilik toko online, Anda harus tahu kira-kira konsumen Anda itu eksis di sosial media mana, apakah di Facebook, Twitter, di Facebook dan twitter, atau di sosial media lainnya. Di bagian ini lah yang sangat menentukan apakah marketing Anda akan berjalan atau tidak. Marketing tidak berjalan dengan baik, tentunya toko online Anda tidak akan ada pembelinya dan bisa dipastikan usaha rumahan Anda akan bangkrut.

No comments :

Post a Comment