Berbagi info, tips, strategi, ide dan pengalaman mengenai peluang usaha dan bisnis di tahun 2015. Semoga bermanfaat buat kita semua.

02 December 2014

Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa

No comments :
Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa
Peluang bisnis untuk mahasiswa yang bakal dibagikan pada kesempatan ini tidak tertutup hanya untuk mahasiswa jurusan tertentu. Yang terpenting adalah jeli melihat peluang bisnis.

Beberapa bisnis untuk mahasiswa, antara lain:

  • Bisnis jasa privat untuk SD, SMP atau SMU
  • Bisnis jasa kurir
  • Bisnis jasa pengetikan
  • Bisnis jasa penerjemah (translate)
  • Bisnis jasa penulisan artikel atau jasa review
Sebagai mahasiswa, tentunya sebelum memilih peluang usaha bisnis yang akan digeluti, Anda harus mencari tahu dulu kompetensi yang Anda miliki. Tidak mungkin Anda menjadi pengajar privat matematika apalagi Anda tidak punya kelebihan di bidang matematika. Tapi itu juga bukan berarti Anda tidak bisa menggeluti bisnis privat. Anda tetap bisa menjalankan bisnis jasa privat, tapi tentu saja Anda perlu mencari partner, mungkin teman kuliah yang bisa mengajar. Anda yang mengurus bagian administrasi atau keuangannya.

Beberapa tips/panduan ide bisnis untuk mahasiswa di atas

Bisnis jasa privat untuk SD, SMP atau SMU

Tantangan untuk menjalankan bisnis ini adalah untuk mencari pengajar dan tentunya murid/siswa yang mau belajar. Jika Anda punya kemampuan lebih di bidang Matematika, Fisika, Kimia ini mungkin menjadi nilai lebih, karena kalau kita baca di koran-koran, banyak yang membutuhkan. Tapi ini tidak berarti bidang lain tidak dibutuhkan. Saat ini privat musik dan melukis juga sudah mulai dicari.

Untuk mencari murid, sudah pasti membutuhkan marketing. Marketing paling utama yang bisa dilakukan adalah menginfokannya melalui teman di kampus atau lingkungan sekitar. Kalau Anda punya budget, Anda bisa mencetak brosur dan menyebarkan. Bisa juga memasang iklan di iklan-iklan baris. Jangan lupa juga untuk melakukan marketing melalui internet. Saat ini banyak jalur yang bisa digunakan dan sangat efektif, seperti Kaskus, Tokopedia, Tokobagus, Berniaga, dll. Walaupun terkesan tidak nyambung karena Anda tidak jualan barang, tapi percaya deh, di sana ada aja orang-orang yang mencari jasa privat.

Bisnis Jasa Kurir

Bisnis jasa kurir ini mulai banyak digarap di kota-kota besar seperti di Jakarta atau Bandung. Alasannya tentu di kota besar, kemacetan dan waktu. Sebagai mahasiswa, Anda tidak perlu dulu melakukan dengan skala besar, misalnya jasa kurir se-Jakara atau jasa kurir Bandung.

Anda cukup menggarap jasa kurir dengan pangsa pasar penghuni kompleks Anda atau minimal RT/RW Anda. Jurusan Anda di kampus juga bisa menjadi pangsa pasar. Jadi Anda menggarap jasa kurir jurusan ekonomi kampus A. Info bisa disebarkan dari mulut ke mulut, brosur ditempelin di tata usaha jurusan mungkin, atau lewat sosial media.

Bisnis Jasa Pengetikan dan jasa penulisan artikel

Jasa pengetikan mungkin salah satu bisnis klasik di kalangan mahasiswa. Jaman dulu mungkin karena tidak semua mahasiswa punya mesin tik. Jaman sekarang ini banyak yang menganggap jasa pengetikan ini sudah tidak kompeten karena semua orang punya gadget, laptop atau PC sendiri. Memang benar, tapi ingat, tidak semua orang punya kemampuan mengetik yang baik. Masih banyak mahasiswa yang lebih cepat menulis tangan daripada mengetik. Tidak jarang ini mempersulit banyak mahasiswa jika ada kondisi yang membutuhkan pengetikan cepat atau pembuatan tugas-tugas.

Kalau pun Anda masih tetap menganggap jasa ini tidak kompeten, Anda bisa mem-pivot alias merubah sedikit pola jasa ini. Tidak semua mahasiswa punya kemampuan menulis yang baik. Mungkin mereka bisa menuangkan ide dalam bentuk tulisan atau koretan di kertas, tapi merubah ini menjadi artikel atau karya tulis yang baik mereka tidak bisa. Padahal untuk keperluan kampus, karya tulis sudah menjadi makanan pokok.
Jadi jangan ragu untuk menawarkan hal tersebut ke teman-teman mahasiswa Anda. Percaya deh, kalau Anda mahir dalam menulis artikel, Anda cukup belajar sedikit tentang bisnis online. Dijamin Anda akan dicari oleh para blogger komersil atau para pengiklan.

Bisnis Jasa Penerjemah (translate)

Bisnis jasa penerjemah ini juga bisnis klasik lainnya. Alasannya sudah tentu, tidak semua mahasiwa fasih menulis dalam bahasa Inggris, Jerman atau bahasa internasional lainnya.  Pangsa pasar untuk jasa ini masih tetap luas. Walaupun jaman sekarang para mahasiswa jago atau fasih berbahasa Inggris, tapi menulis dalam bahasa Inggris tetap menjadi masalah. Pelajari cara menulis yang baik dan benar dalam bahasa Inggris. Jika Anda mahasiswa sastra tentunya sangat membantu bisnis jasa penerjemah ini.

Demikian tips atau panduan yang bisa saya berikan, sebagian berdasarkan pengalaman sendiri atau teman kuliah. Para mahasiswa disarankan untuk berbisnis, bukan karena masalah ekonomi. Tapi lebih ke melatih mental sesegera mungkin. Tidak tertutup kemungkin bisnis untuk mahasiswa ini berkembang pesat, dan pada saat Anda lulus, tidak perlu cari kerja lagi. Malah Anda yang membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain atau teman-teman kuliah Anda, dan semuanya berawal dari bisnis untuk mahasiswa.

No comments :

Post a Comment