Berbagi info, tips, strategi, ide dan pengalaman mengenai peluang usaha dan bisnis di tahun 2015. Semoga bermanfaat buat kita semua.

03 December 2014

Keuntungan dari peluang usaha jual beli laptop second & netbook second

No comments :
peluang usaha jual beli laptop second & netbook second
Usaha jual beli laptop second & netbook second ternyata merupakan peluang usaha yang menggiurkan dengan keuntungan lumayan besar. Peluang usaha ini sangat cocok jika lokasi tempat tinggal Anda jauh dari tengah kota, jauh dari pusat jual beli elektronik. Untuk menjalankan bisnis ini Anda perlu kemampuan untuk mengetahui apakah laptop dan netbook yang dijual kepada Anda masih bagus atau tidak. Ini juga demi menjamin laptop second atau netbook second tersebut gampang dijual kemudian.

 Gambaran usaha jual beli laptop second & netbook second

  • Survey harga pasaran di pusat jual beli elektronik untuk laptop second dan netbook second. Anda harus mengingat harga jual dan harga beli tiap seri laptop dan netbook yang sedang ramai diperjual-belikan. Jangan ambil resiko dengan laptop second atau netbook second yang sudah jarang diperjual-belikan, kecuali Anda punya keyakinan dapat menjualnya dengan cepat
  • Sebarkan info berupa brosur atau mungkin lewat media internet seperti kaskus, berniaga, tokobagus dan situs e-commerce lainnya bahwa Anda menerima alias membeli laptop second dan netbook second.
  • Seleksi dengan baik netbook dan laptop second yang ditawarkan oleh para penjual.
  • Setelah membeli netbook dan laptop second, jangan lupa diformat dan diinstall ulang. Tentunya tidak ketinggalan juga membersihkan tampilan luar netbook dan laptop second tersebut.
  • Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, Anda bisa menjual kembali netbook dan laptop second tersebut di toko-toko online di internet. Tapi biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama.
  • Untuk jual cepat, Anda bisa jual ke pasar elektronik. Tentunya harganya tidak sebesar kalau dijual langsung ke pemakai.

Contoh kasus peluang usaha jual beli laptop second dan netbook second

  • Harga pasaran netbook second dengan processor 1GHz dan RAM 1GB sekitar 1,5 juta jika dijual ke pemakai dan diterima 1,3 juta di pasar elektronik.
  • Harga pasaran netbook second jika Anda beli di pinggiran kota, yang lokasinya jauh dari pasar elektronik sekitar 1 juta rupiah.
  • Jadi untuk 1 netbook dengan processor 1 GHz dan RAM 1 GB peluang usaha jual beli laptop second dan netbook second ini bisa menghasilkan keuntungan sekitar 300 ribu – 500 ribu rupiah.

Tips bagi Anda jika hendak menekuni usaha jual beli laptop second dan netbook second ini adalah lebih baik Anda fokus terhadap netbook second. Alasan pertama adalah netbook saat ini pasti bakal banyak beredar di pasaran laptop second dan netbook second karena eksistensi netbook ini mulai tergantikan dengan tablet. Bagi para penggemar gadget yang hanya demi lifestyle, pasti akan menjual netbook mereka dan membeli tablet.

Alasan kedua adalah modal yang perlu Anda siapkan lebih kecil, dengan keuntungan atau margin yang hampir sama. Harga netbook  second tentu lebih murah dibandingkan dengan laptop second. Perbedaannya berkisar antara 500 ribu sampai 1 juta rupiah.

Penulis sendiri pernah menemukan anak muda yang memulai usaha jual beli laptop second ini dari SMA, kuliah, sampai lulus S1. Semua biayanya dibayarkan dari hasil usaha jual beli laptop second.

No comments :

Post a Comment