Berbagi info, tips, strategi, ide dan pengalaman mengenai peluang usaha dan bisnis di tahun 2015. Semoga bermanfaat buat kita semua.

21 January 2015

Renyahnya Peluang Usaha Jajanan Pasar

No comments :
Peluang usaha jajanan pasar ini ditemukan karena saya sangat senang menikmati jajanan pasar. Sehingga kalau ada kesempatan pasti mencoba untuk berburu jajanan pasar, yang harus diakui semakin susah ditemukan di kota besar. Kalaupun ada pasti buatan toko bakery yang besar, harga dan kualitasnya juga tidak se-afdol jajanan pasar asli.

peluang usaha jajanan pasar
Minggu lalu secara tidak sengaja penulis menemukan sentra alias pusat jajanan pasar. Pusat jajanan pasar ini ketemu pada saat saya sedang melalui sebuah jalan alternatif untuk menghindari kemacetan. Bayangkan hampir semua jajanan pasar yang dulu di-ngidam-kan ada di pusat jajanan pasar ini. Saking kalapnya hampir semua jenis makanan pasar ini dibeli, dan alhasil saya akhirnya tidak makan malam karena kekenyangan jajanan pasar.

Selama membeli cemilan pasar ini, saya mengajak ibu penjaga pusat jajanan pasar tersebut untuk ngobrol ringan. Ternyata toko pusat jajanan beliau telah memiliki banyak reseller. Tiap pagi para reseller datang mengambil kue atau cemilan, tentunya dengan harga grosir. Padahal saat saya membeli makanan jajanan pasar tersebut secara eceran saja, sudah jauh lebih murah dibandingkan dengan jajanan pasar umumnya. Sore ini juga saya kebetulan ketemu dengan ibu penjual jajanan pasar yang berjualan di dekat sekolah sekitar kompleks perumahan. Sebelum menemukan pusat jajanan pasar ini, saya biasanya membeli ke ibu tersebut. Tapi saya sering kehabisan kalau membelinya pada saat siang hari.

Saya pun secara spontan membandingkan harga jual ibu tersebut dengan harga jual di pusat jajanan. Satu potong kue jajanan pasar berselisih Rp. 500 – Rp. 1000. Tentunya ibu itu pasti mendapat discount lagi karena membeli dalam jumlah yang banyak. Ibu tersebut cukup jeli melihat peluang usaha jajanan pasar dan menjalankan peluang usaha jajanan pasar ini, walaupun ibu tersebut tidak mahir atau bahkan tidak bisa membuat kue jajanan pasar.

Melihat Peluang Usaha Jajanan Pasar

Peluang usaha jajanan pasar dengan berpartner dengan pusat jajanan pasar ini adalah dengan mencari karyawan atau staf yang dipekerjakan untuk jualan di sekolah-sekolah atau kampus. Seorang penjual kue ditargetkan menjual 50 kue per hari. Dengan keuntungan Rp. 1000,- per kue, berarti setiap harinya bisa memperoleh keuntungan Rp. 50.000,- Berarti setiap bulannya 1 orang penjual kue bisa memperoleh omset 25 x Rp. 50.000 = Rp. 1.250.000,-
Dikurangi gaji karyawan sekitar Rp. 600.000,- berarti per bulan minimal mendapat keuntungan bersih Rp. 650.000,- per bulan.

Pelaku peluang usaha jajanan pasar tanpa bisa membuat jajajan pasar

Analogi perhitungan di atas bukan murni dari pemikiran saya. Tapi saya akhirnya bertemu dengan pengusaha yang berlangganan dengan pusat jajanan pasar tersebut. Beliau mempunyai 3 karyawan yang bertugas menjual kue ke sekolah-sekolah dan perkantoran. Beliau mengaku sebulan bisa mendapatkan Rp. 2 jt – Rp. 2,5 jt dari hanya mengkoordinir para penjual. Beliau sih mengatakan bahwa uang atau keuntungannya tidak besar, tapi yang terpenting beliau bisa mengkaryakan pemuda-pemuda yang mengganggur di sekitar tempat tinggal beliau. Jadi peluang usaha jajanan pasar ini hanya sambilan buat beliau. Malahan beliau mengganggap itu sebagai sumbangsih beliau untuk lingkungan tempat tinggalnya.

Dari analogi di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa peluang usaha kuliner masih sangat menjanjikan. Baik dalam skala usaha kecil, usaha menengah maupun usaha besar. Semoga artikel ini bisa menginspirasi para pembaca dan bisa menjadi tambahan ide peluang usaha dan menjadi pengusaha sukses menjalani peluang usaha jajanan pasar.

No comments :

Post a Comment